Social Media Sharing by CB Bloggerz


a
a
a
a

Recent Posts
recent

Menyimak Argopuro Fest 2


Argopuro Bersenandung
Sebuah kegiatan yang bertajuk kembali ke alam menjadi perayaan dalam acara Argopuro Fest 2 atau Festival Argopuro 2. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 12-13 Mei 2017 di Lereng Gunung Argopuro Desa Baderan Kecamatan Sumbermalang Kabupaten Situbondo.
Argopuro Fest merupakan seni pertunjukan tahunan yang dikemas melalui seni gerak, vokal, rupa, bunyi dan sastra yang diselenggarakan oleh Reng Cinta Besokeh (RCB) dan Sanggar Musik Sambalado melalui urunan, ngamen dan pinjam beberapa alat dari berbagai komunitas di wilayah tapal kuda yang peduli.
Kegiatan ini dalam rangka merayakan kegembiraan bersama untuk merawat atau peristiwa untuk ingat pada alam yang telah banyak memberikan kehidupan pada manusia. Selain itu, sebagai kegiatan silaturrahmi seni, saling belajar, bekerjasama, gotong royong, saling mengapresiasi sekaligus menciptakan ruang untuk berkreasi atau berkarya bagi masyarakat luas khususnya Situbondo.
Saya tiba di sana pada sore, hari kedua. Pintu masuk terbuat dari bambu, ada beberapa aksesoris yang menggantung. Pentasnya beralaskan tanah, rerumputan, jerami yang berserakan. Latar panggung menggunakan icon tiga gunung yang terbuat dari bambu dan tulisan Argopuro Fest 2 terbuat dari jerami. Dan yang pasti tampak pula pemandangan indah lereng gunung yang dibelah oleh aliran sungai.
Sore itu, saya disuguhkan penampilan Gajapadhma, kolaborasi alat musik tradisi dan tari. Kemudian dilanjut dengan puisi dari Mas Galih dan Mas Erwin. Kemudian para panitia dan peserta menanam pohon buah atau produktif bersama-sama.
Ketika malam tiba, pertunjukan dilanjutkan dengan solo gitar Mas Sam dan Jovan, Perkusi Sardula Kelana. Cuaca semakin dingin dilanjut dengan pembakaran dupa, sebagian lampu di matikan membuat suasana seperti mistik dan sakral yang merupakan salah satu penampilan dari Art Project; kolaborasi sitar, tari dan melukis. Kata Mas Arif Wijayanto penampilan itu sebagai persembahan kepada sosok legendaris di balik Gunung Argopuro, Dewi Rengganis.
Tiba giliran penampilan dari Marijuana Band. Lagu-lagu yang dibawakan dipersembahkan untuk Indonesia. Marijuana sangat pesimis jika melihat perpecahan dan konflik yang sering disiarkan di TV. Tapi dengan adanya semangat berkarya di Argopuro Fest 2, mereka sangat optimis. Penampilan  berikutnya ada Lembayung Band , Behel Berduri. Remember Me dan menyanyi bersama sebagai penutup.
 “Ini merupakan kegiatan yang positif yang dilakukan teman-teman muda, menanam pohon bersama, mengangkat budaya yang ada di Kecamatan Sumbermalang.” Ujar Bismi. Ia juga berharap Argopuro Fest akan terus ada dan konsisten.[]
Foto : Arif WijayantoReportase : Moh Imron 
Redaksi

Redaksi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.