Social Media Sharing by CB Bloggerz


a
a
a
a

Recent Posts
recent

Bersih Pantai dan Bakti Amal 2

Reporter : Moh. Imron
KPMS – Dalam kegiatan bersih Pantai Banongan (28/2/2016) panitia melibatkan beberapa komunitas di Kabupaten Situbondo. Sebelumnya kegiatan ini pernah dilaksanakan di Pantai Pathek pada akhir bulan Januari lalu. Tetapi acara yang kedua ini lebih banyak dari sebelumnya.
Pantai Banongan hingga saat ini sudah mulai berkembang akan tetapi masih diiring berkurangnya kepedulian masyarakat pada lingkungan baik pengunjung maupun penduduk yang mencari nafkah. Sampah-sampah di Pantai Banongan masih banyak berserakan terutama sampah plastik.
“Sengaja kami adakan kampanye lingkungan, yaitu untuk memberi penyadaran kepada pengunjung dan penjual yang ada di tempat wisata dengan tidak membuang sampah sembarangan. Karena kami melihat dan menilai, pantai adalah bagian dari kehidupan kita, keindahan alam yang tidak ada duanya. Karena itu berkampanye tetap menjaga lingkungan dan keindahan, agar anak cucu kita juga bisa tahu.” Ujar Bob, mewakili Slanker Situbondo sekaligus penyelenggara kegiatan ini.
Siang itu, cuaca sangat cerah, meskipun terik matahari hari menyengat, akan tetapi, keadaan tumbuhan di Pantai Banongan cukup mampu membuat suasana menjadi sejuk. Para pengunjung sedang asik menikmati keindahan di Pantai Banongan ini.
Beberapa komunitas yang tergabung dalam kegiatan bersih pantai dan bakti amal 2 diantaranya; Forum Komunikasi Peduli Asih (FKPA), Slanker Fans Club Situbondo, Bonex Situbondo, Backpacker Situbondo, Situbondo Photography Ponsel (Si Ponsel), Komunitas Penulis Muda Situbondo, Smadapala, Pramuka Smada, Outsider Situbondo, Himapali UNARS, Ganesha, Pramuka Smasa, Granica, Grahapela SMK 1 Bondowoso, Punk Street Situbondo, KRPL, Slanker Freedom SBY, dll.
Sekitar pukul 11.00 WIB, kegiatan ini dimulai dengan berdoa, selanjutnya semua komunitas bersatu dan dibagi menjadi dua kelompok. Pertama bertugas di pinggir pantai. Kedua bertugas di bagian darat. Mereka bersama-sama dan membaur mengambil sampah dengan membawa kresek merah. Kegiatan ini berlangsung kurang lebih sekitar 1,5 jam. Kemudian semua sampah dikumpulkan dan dibawa ke tempat pembuangan akhir oleh petugas.
Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat memupuk rasa persaudaraan, gotong royong, memberi tauladan kepada masyarakat pemerintah tentang pentingnya menjaga lingkungan melalui tindakan yang nyata, bukan kepentingan pribadi tapi kepentingan bersama.
“Dengan adanya kegiatan ini, semoga warga lebih meningkatkan kesadaran dengan tidak membuang sampah sembarangan.” Kata Amelia Dewi perwakilan Smadapala.
“Semoga tetap bisa menjaga alam kita, terutama pantai yang menjadi garis terpanjang di Situbondo, sehingga komunitas-komunitas dan seluruh warga Situbondo bisa memperbaiki langkah-langkah yang lebih baik.” Ujar Ipul mewakili Backpacker Situbondo.
 “Semoga kedepannya Situbondo lebih baik dan sukses dan masyarakat membuang sampah pada tempatnya.” Ucap Iqbal Grahapela dari Bondowoso.
Kebersihan merupakan kunci utama agar wisata enak di pandang. Sudah seharusnya semua masyarakat pemerintah mengupayakan wisata tetap terjaga kebersihannya. Sehingga potensi wisata ini lebih maju, bersih dan nyaman untuk dikunjungi.
Setelah acara bersih pantai selesai kemudian dilanjut dengan bakti amal, yaitu meminta sumbangan dari beberapa komunitas seiklasnya yang nantinya diberikan kepada mereka yang membutuhkan.
“Kesannya cukup hebat, teman-teman komunitas yang terlibat ini kompak, solid, semua asyik, sadar untuk lingkungan yang sehat dan bersih,” imbuh Bob.
Akhir kata, mari kita bersama-sama melestarikan alam kita dan peduli kepada sesama, sesuai dengan kemampuan dan bidang masing-masing. Buanglah sampah mantan pada tempatnya!
  
 Dokumentasi oleh Si Ponsel 






















Redaksi

Redaksi

1 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.