Social Media Sharing by CB Bloggerz


a
a
a
a

Recent Posts
recent

Tradisi Tajin Sappar di Situbondo

Oleh : Moh. Imron
Tajin Sappar merupakan salah satu tradisi di Kabupaten Situbondo juga dikenal dengan Tajin Lak-Olak. Sappar adalah istilah bahasa Madura dalam kalender hijriyah yaitu bulan Safar. Umumnya makanan ini disajikan pada bulan Safar atau bulan kedua tahun hijriyah.
Memang tidak ada peraturan yang mewajibkan untuk membuat tajin sappar. Tradisi ini sudah ada sejak turun temurun sebagai ritual memperingati kesembuhan Nabi Ayyub dari penyakit ulat.
Siang itu, ada tetangga sebelah ter-ater (berbagi )Tajin Sappar ke rumah saya, begitu juga ke tetangga sebelah.
 “Dulu, ada seseorang yang menghentikan tradisi ini. Maka, datanglah wabah penyakit. Lalu salah satu dari mereka menyarankan agar mereka kembali malakukan ritual ini. Setelah mereka melakukan kembali ritual ini, dengan izin Allah dijauhkan dari wabah penyakit.” Ujarnya ketika mengobrol ringan.
Selain itu, tradisi ini sebagai kegiatan bersedekah dengan ikhlas tanpa mengharapkan apa pun dan sesuai dengan kemampuannya sekaligus ber-silaturrahmi kepada tetangga sekitar. Mengingat dengan kemajuan teknologi zaman sekarang terkadang kita jarang berinteraksi langsung secara tatap muka terutama dengan masuknya HP.
Tajin ini terbuat dari tepung ketan, lalu dicampur dengan gula, sari kelapa dan putian. Banyak versi mengenai sajian tajin ini, ada yang bulat seperti kelereng, dicampur mutiara, sedangkan di desa-desa biasanya dikenal dengan tajin lak-olak (ulat) karena bentuknya mirip ulat.
Semoga dengan adanya tradisi ini bisa meningkatkan rasa solidaritas warga. Sekaligus menjadikan Tajin Sappar sebagai salah satu kuliner etnis yang perlu dilestarikan. Bahkan Tajin Sappar termasuk salah satu 14 aneka tajin (bubur) yang ada di Situbondo.
Ada beberapa pesantren di Situbondo yang terus melestarikan tradisi ini, mereka menggantikannya dengan berbagi makanan-makanan ringan seperti wafer, roti, permen dll yang kemudian dibungkus sebagi kado, mengingat di sana tidak ada waktu untuk membuat tajin. Tapi yang paling penting adalah saling berbagi kepada teman-temannya jika ada rezeki lebih tanpa mengharap apa pun.


 Tajin Sappar (Safar)







Redaksi

Redaksi

2 komentar:

  1. Boleh ikut gabung di komunitas gak?
    Soalnya pas ada acara kopdar blogger, dari Situbondo gak ada. Kadang cuma aku sendiri. pas ada kerjasama dengan POLDA JATIM juga gak ada dari Situbondo.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh saja kok. Bisa hubungi di kontak 082245453832

      Hapus

Diberdayakan oleh Blogger.