Social Media Sharing by CB Bloggerz


a
a
a
a

Recent Posts
recent

Wisata Pantai Pathek Situbondo

Oleh : Moh. Imron
Sore yang indah, angin menyapa begitu lembut, ketika saya masuk di pintu gerbang Pantai Pathek. Beberapa pengunjung sedang asik nongkrong di gazebo bambu dan lesahan di pinggir jalan yang berjejer rapi. Terutama para pemuda-pemudi.
Pantai Pathek merupakan salah pantai yang sederhana dan diminati para wisatawan, baik dalam kota maupun luar kota. Jika hari libur atau weekend, tempat ini ramai pengunjung karena letaknya sangat strategis dan harga menu makanannya sangat murah.
Pantai Pathek terletak di Desa Gelung Kecamatan Panarukan. Jarak dari kota menuju Pantai Pathek kurang lebih sekitar 7,5 km. Aksesnya pun juga mudah. Dari alun-alun Situbondo menuju persimpangan PG. Wringin Anom, lalu ke utara. Bisa juga dari alun-alun Situbondo langsung ke utara hingga persimpangan perbatasan Trebungan dan Semiring lalu ke arah barat hingga muncul di Pantai Pathek dari arah timur. Tiket masuk Pantai Pathek, gratis. Kecuali tahun baru.
Di sana kita juga dapat menimati pemandangan Gunung Putri Tidur, kapal-kapal, perahu nelayan, senja, sunrise, bisa juga naik perahu dengan harga yang murah. Juga sangat cocok untuk mancing.
Setelah sampai di pertengan dari arah pintu gerbang, kita akan berbelok ke arah timur. Pantai Pathek berbentuk seperti huruf “L”. Toko-toko paracangan dan lesahan juga berjejer rapi. Selain itu tempat-tempat di sini sangat rindang dan sejuk.
Matahari perlahan mulai turun. Hari semakin gelap. Ombak-ombak bergemuruh lirih, saling berkejaran dan bercanda bersama angin. Saya melangkahkan kaki di dermaga batu sebelah timur. Di sekitar dermaga batu, paling ramai ditempati mandi oleh para pengunjung. Di sana juga ada sewa ban, pemandian (tempat bersalin), hiburan anak-anak, pedagang makanan ringan dan tempat yang luas dengan pohon yang rindang. Tempat ini paling sering dikunjungi bagi mereka yang sedang liburan bersama keluarga.
Menurut tutur masyarakat Situbondo. Kata “Pathek” kepanjangan dari; Pacaran Thek-Ngithek (Pacaran Sembunyi-sembunyi). Hehe. Sampai di sini dulu infonya. Foto-foto berikut adalah karya Situbondo Photography Ponsel yang sedang hunting bersama pada  bulan Januari 2016.







Redaksi

Redaksi

2 komentar:

  1. Bisa juga lewat Alun-alun terus ke utara sampai pertigaan Olean, belok kiri menuju Desa Kandang dan Duwet. Setelah tiba di pertigaan desa duwet, belok kanan (menuju) utara. Hehehe.

    Oh ya, di paragraf kedua kayanya ada yang kurang. Hehehe.

    BalasHapus
  2. Hehe. Bisa juga lurus tanpa belok di olean hehe. Lewat di perbatasan Trebungan Semiring.
    Hehe. Sip terima kasih masukannya.

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.