Social Media Sharing by CB Bloggerz


a
a
a
a

Recent Posts
recent

Wisata Pantai Tangsi Situbondo

Oleh : Moh. Imron
Pantai Tangsi merupakan pantai sederhana di ujung utara Situbondo. Ketika hampir di pantai ini, kita akan disuguhkan pemandangan tambak yang disertai pohon mimba dan bakau serta segelintir rumah penduduk.
Pantai ini terletak di Desa Tanjung Pecinan Kecamatan Mangaran. Aksesnya sangat mudah, sekitar 10 Km dari arah kota. Untuk pergi ke sana, sama halnya saat menuju Pelabuhan Kalbut. Sesampainya persimpangan Pasar Beringin Pecinan langsung belok ke kanan, ketika sampai di perempatan pertama, belok ke kiri. Dari kejauhan sana, sudah terlihat mercusuar. Selanjutnya tinggal mengikuti jalan yang melewati beberapa rumah penduduk.
Sore yang cerah, ketika kami tiba di sana, terik matahari masih menyengat, tak lama kemudian menyentuh dengan lembut ketika cahayanya perlahan bersembunyi di balik awan. Di Pantai ini terdapat mercusuar sebagai penanda atau petunjuk arah dan keamanan transportasi laut serta sebagai batas antara laut dan darat.
Di sebelah timur mercusuar terdapat reruntuhan masjid dan perumahan, beberapa pohon kelapa, juga ada beberapa gazebo yang terbuat dari bambu sebagai tempat berteduh atau istirahat bagi nelayan serta pemakaman umum. Sekitar tahun 1990-an masih banyak penduduk yang tinggal di sini.
Di sebelah utara mercusuar terdapat belasan perahu milik penduduk yang menggantungkan hidupnya di laut. Sementara di bagian barat mercusuar merupakan tempat yang sangat luas. Di sana juga terdapat pemakamam umum lagi serta pohon-pohon yang rindang, jika terus kebarat maka akan berjumpa dengan padang rumput yang berduri, tiga pohon besar yang batangnya juga berduri.
Pantai Tangsi masih didominasi dengan aktivitas nelayan, dan hanya segelintir wisatawan yang pergi ke sini. Mungkin karena di tempat ini masih belum ada warung makanan atau fasilitas lainnya yang nantinya bisa digunakan tempat nongkrong atau bersantai.
Di Pantai Tangsi kita dapat melihat pemandangan kapal-kapal, perahu-perahu, ombak yang bergemuruh lirih serta merasakan angin yang lembut. Di sebelah selatan kita dapat menikmati keindahan tambak-tambak dengan pohon bakau dan kala sore tempat ini juga menyajikan senja yang sangat memukau bersama Gunung Ringgit. Apalagi kalau ke sini sambil bikin acara bakar-bakar ikan pasti lebih mantab.
Sampai di sini dulu info wisata Pantai Tangsi dari kami. Salam Lestari.

Nb : Terima kasih buat teman-teman Situbondo Photography Ponsel (Si Ponsel) yang sudah berpetualang ke sana dan berbagi foto jepretannya; Wahyu, Firman, Surya, Ricky, dan Yudik.


Foto-foto Si Ponsel












Redaksi

Redaksi

9 komentar:

  1. Mantab mas imron, trimakasih ud mw bwt nyempetin explore indahnya alam situbondo

    BalasHapus
  2. Halo selamat sore, maaf kak apa boleh saya izin untuk re-upload foto pantai tangsi ? Saya sedang diberi tugas untuk mempromosikan salah satu destinasi wisata di situbondo. Mohon izinnya kak

    BalasHapus
  3. Halo kak. Fotonya keren banget. Apa saya boleh share foto ini untuk promosi wisata situbondo untuk orang jepang?

    BalasHapus
  4. maaf saya mau tnya. apakah aktivitas yg ada di pantai tangsi ini hanya oleh nelayan saja ? apakah ada aliran sungai yang bermuara di pntai ini ?

    BalasHapus
  5. Selamat sore min, mau tanya. Di Kalbut sekarang ada destinasi photo spot yg baru booming (buat aku sih).
    Udh pernah d ulas di blog ini belum ya?

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.