Social Media Sharing by CB Bloggerz


a
a
a
a

Recent Posts
recent

Wisata Pelabuhan Kalbut Situbondo

Oleh : Moh. Imron
Matahari mulai turun di ufuk barat. Aktivitas kerja yang menggantungkan hidupnya di Pelabuhan Kalbut masih ramai. Mereka sibuk memindahkan barang-barang yang akan dikirim ke pulau Madura. Ada juga sibuk memindahkan hasil tangkapan ikan para nelayan yang sudah selesai melaut.
Pelabuhan Kalbut terletak di Desa Semiring Barat Kecamatan Mangaran Kabupaten Situbondo. Aktivitas transportasi kapal-kapal kecil di Pelabuhan Kalbut mempunyai rute khusus ke Pulau Madura. Biasanya beroperasi ke Sepudi dan daerah sekitar pada hari Selasa, Rabu dan Sabtu sedangkan dari Sepudi ke Pelabuhan Kalbut pada hari Minggu, Senin dan Kamis.
Pemandangan di Pelabuhan Kalbut cukup bagus, perahu-perahu kecil berjejer rapi di sebelah utara pom solar, selain melihat aktivitas para nelayan kita dapat melihat kapal-kapal besar di tengah laut, Gunung Putri tidur, jika sore dapat melihat  anak-anak yang sedang asik bermain bola di selatan Pelabuhan Kalbut, tepatnya di pinggir pantai.
Di sana juga ada Halte yang terletak di dekat pintu gerbang dan belakang kantor Pelabuhan Kalbut. Jasa transportasi darat hanya Kol (Lin) yang mengambil rute dari Pelabuhan Kalbut – Terminal Situbondo. Selain itu di belakang kantor pelabuhan terdapat halaman yang luas yang dipaving. Biasanya sering digunakan kegiatan-kegiatan hiburan seni, nobar sepak bola dll.
Matahari mulai kemerah-merahan saya dan teman-teman Si Ponsel berjalan-jalan ke dermaga batu tanggal 5 November 2015 untuk mengabadikan senja di pelabuhan Kalbut. Dermaga batu ini berbentuk cekung, di pinggirnya ditambah dengan beberapa beton yang kuat untuk menahan ombak. Dengan adanya dermaga batu ini,  perahu-perahu kecil yang bersandar di pinggir lebih aman dari terjangan ombak. Selain itu, tempat ini sangat cocok untuk memancing ikan.


 Dokumentasi Si Ponsel
Wisata Pelabuhan Kalbut Situbondo














Redaksi

Redaksi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.