Social Media Sharing by CB Bloggerz


a
a
a
a

Recent Posts
recent

Kasti Rakyat Situbondo

Permainan kasti, kini populer lagi di Situbondo, pada akhir tahun 2015. Permainan tradisional ini lebih banyak dijumpai atau ditonton di pedesaan. Permainan kasti bukan hanya sekedar olahraga saja melainkan sebagai jalin komunikasi sesama warga atau silaturrahmi  antar desa.
Permainan tradisional kasti pernah populer di Kabupaten Situbondo pada tahun 2007. Pada saat itu, banyak sekali pertandingan-pertandingan persahabatan dan lomba-lomba kasti seperti di Talkdang, Curah Jeru, Kesambirampak, Pesisir dsb. Yang diikuti klub dari berbagai desa di Situbondo.
Menurut salah satu warga desa Mangaran, permainan kasti sudah ada sejak dulu, musim permainan kasti seperti ini muncul sekitar 7 – 10 tahun sekali.
Ada yang unik dalam permainan kasti di Situbondo. Pasalnya peraturan, tatacara bermainan sangat berbeda dari kasti pada umumnya. Mulai dari alat pemukul, bentuk lapangan memanjang, penghitungan skor dsb.
Olahraga kasti rakyat Situbondo sangat khas. Untuk membuat lapangan tidak sulit. Hanya butuh halaman panjang yang datar dan izin pemilik pekarangan rumah. Itu saja. Sementara membentuk klub tidak sesulit olahraga lain yang membutuhkan latihan berbulan-bulan atau tahunan. Sedangkan kasti rakyat sangat terbuka bagi siapa saja. Biasanya melakukan pertandingan sebanyak 1 – 4 kali pertandingan dalam seminggu. Jadi untuk bermain kasti, tinggal gabung saja. Setelah terlibat dalam memukul bola, berlari, membidik, menghindari pukulan lawan nanti akan disesuaikan dengan posisi yang tepat. Entah itu pemain pelari, penangkap bola dst.
Setiap pertandingan kasti juga banyak supporter masing-masing. Mereka bersorak dan mendukung timnya. Sepulang dari kadang lawan mereka melakukan konvoi dengan mengibarkan bendera tim masing-masing. Kalah atau menang mereka tetap ceria. Bagi mereka kasti rakyat hanya sebagai hiburan yang dapat mempersatukan rakyat.
Polsek Mangaran sudah menghimbau kepada masyarakat khususnya penyiar kasti agar menyampaikan jika ada pertandingan kasti disampaikan untuk tidak boleh malakukan kekacauan atau tindakan-tindakan anarkis. Harapannya permaianan kasti menjadii budaya yang khas di Kabupaten Situbondo yang dilestarikan bersama terutama kepada pemerintah untuk memberikan fasilitas kagiatan lomba atau lainnya sebagai upaya memajukan warna budaya olahraga di Situbondo khususnya di pedesaan.
Sampai di sini dulu. Jika ada waktu, saya lanjutkan tentang cara bermain kasti.


 Foto-foto permainan kasti






Redaksi

Redaksi

2 komentar:

  1. Kalau bisa jadi olahraga nasional dan dipertandingkan di Asian Games 2018 mendatang. Hehehe.

    BalasHapus
  2. Tidak usah jauh. Pemerintah aja masih belum mampu menjaga tradisi ini. Minimal di Situbondo ada piala tahunan yang digelar oleh Pemkab. Misal 4 tahun sekali. Itu lebih keren.

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.