Social Media Sharing by CB Bloggerz


a
a
a
a

Recent Posts
recent

Menulis Bersama (Cerita Rakyat Asal Situbondo)

Salam literasi untuk kita semua.
Berdasarkan pengamatan kami, Situbondo memiliki beberapa penulis yang aktif berkarya. Karya-karya mereka sudah diterbitkan, baik melalui media massa, buku, majalah, atau pun media maya. Kami melihat ada potensi besar untuk mengembangkan budaya literasi di Situbondo. Salah satu upaya yang akan kami lakukan adalah membuat program penulisan bersama.

Adapun mengenai jadwalnya adalah sebagai berikut:

No
Tanggal
Kegiatan
1
18- 22 September  2015
Pembuatan ToR dan undangan
2
23 - 30 September 2015
Distribusi undangan dan konfirmasi
3
1 – 31 Oktober 2015
Penulisan dan pengumpulan naskah
4
1 – 7  November  2015
Revisi (Jika ada)
5
8 – 30 November 2015
Proses editing, layout, cover dan cetak
6
Desember 2015
Peluncuran Buku  (Tanggal menyusul)

Tema besar dalam program penulisan cerpen ini adalah “Cerita Rakyat Asal Situbondo”. Tema tersebut kami pilih berdasarkan hasil diskusi bersama Pengurus KPMS. Kami mengasumsikan bahwa kita yang lahir atau pernah tinggal di Situbondo tentu memiliki dan banyak mengetahui budaya tentang Situbondo, termasuk mengetahui potensi-potensi apa saja yang masih tersembunyi untuk nantinya kita gali dan bangkitkan kembali.
Tujuannya adalah untuk menjaga dan melestarikan budaya di Situbondo. Bersama para penulis akan menuliskan keberagaman cerita rakyat. Sehingga setiap penulis nantinya bisa mengenal lebih dekat tentang seluk-beluk Situbondo, dapat menggali pengetahuan di dalamnya, ikut mengembangkan kreatifitas generasi muda, serta memberi wacana baru tentang Situbondo.

Berdasarkan pemaparan tersebut, kami mengharap kesediaan para Penulis Muda Situbondo untuk ikut berkontribusi. Kami berharap awal kerjasama ini bisa berjalan lancar dan terjalin hubungan komunikasi dan silaturahmi antar penulis, pemerhati, dan peminat literasi di Situbondo.  

Redaksi

Redaksi

4 komentar:

  1. Duh, sepertinya saya absen untuk projek kali ini. Sampai sekarang saya belum punya ide apapun. Hiks.

    BalasHapus
  2. Balasan
    1. Bukunya masih proses editor Puspa Swara Jakarta.

      Hapus

Diberdayakan oleh Blogger.