Social Media Sharing by CB Bloggerz


a
a
a
a

Recent Posts
recent

Visual Novel

Oleh : Ahmad Sufi R.

Pernah diajak teman membuat visual novel? Apa itu visual novel? 
Visual novel adalah game interaktif yang terdiri dari gambar dan cerita teks seperti dalam novel. Dengan plot/alur cerita yang dapat ditentukan sendiri oleh pemainnya. Inilah perbedaan novel dengan visual novel. Di dalam visual novel banyak plot/alur cerita yang harus dibuat, jadi pembaca dapat menentukan sendiri, misalnya dapat memilih dialog, keputusan sang tokoh dan ending sendiri. Jadi penulis dalam visual novel harus menyiapkan beberapa tokoh, beberapa cerita, dan beberapa ending. Pembaca dapat memilih alur cerita yang akhirnya mengarah ke happy endingsad ending atau ending menggantung, asyik kan. Yang saya tahu, gaya bertutur seperti visual novel ini juga pernah diterapkan dalam novel Goosebumps.
Tema yang dipilih juga bermacam-macam bisa fantasi, drama, misteri/detektif dan roman. Karena agak rumit dalam pembuatan visual novel dibutuhkan tim, terdiri dari penulis/skenario, desain grafis/ilustrator, dan programer. Tapi bisa juga membuat visual novel yang sederhana seorang diri, apalagi sekarang ada programnya bernama Renpy. Memang memerlukan kesabaran ekstra.
Kelemahan dalam visual novel adalah ceritanya yang terbatas karena harus menyediakan beberapa plot/alur cerita, sedangkan kelebihannya adalah lebih interaktif.
Di era digital dengan generasi gadget seperti sekarang, visual novel menjadi pilihan di tengah media cetak novel. Sudah banyak bisa di-download, berbayar atau gratis.
Game-game online dan offline, seperti Sherlock Holmes, Agatha Christie, CSI, Dragon Nest, Silent Hill, Assasin Creed, Harvest Moon, Perfect World, Dino Crisis, The Sims, Monster Hunter, dan juga yang termasuk Massive Multi Player Role Playing Game juga sebagian berupa visual novel.
Dibutuhkan dialog dan cerita yang bagus. Nah ini juga tugas bagi penulis cerita yang harus cukup mumpuni.






Redaksi

Redaksi

1 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.