Social Media Sharing by CB Bloggerz


a
a
a
a

Recent Posts
recent

Rumah Baca Damar

Rumah Baca Damar Aksara terletak di Kampung Langai.

Kampung Langai adalah salah satu nama kampung di Kabupaten Situbondo. Masuk dalam wilayah administrasi Desa Sumberkolak, Kecamatan Panarukan. Kondisi wilayah kampung Langai sebagian besar berupa tanah perbukitan.

Nama kampung, menurut sebagian besar orang diambil dari nama pohon Langai. Yaitu pohon berduri yang banyak tumbuh di sana. Ada pula orang yang mengartikan Langai adalah akronim dari kata “Laok Songai” (selatan sungai).

Dahulu, kampung Langai tidak banyak penghuninya. Alasannya karena tidak ada akses jalan. Namun, sejak dibuat jalan tembus (jalur menuju Bondowoso), mulai bermunculan pembangunan perumahan dan perkantoran di sekitar kampug Langai. Lambat laun wilayah tersebut menjadi semakin ramai.

Selain ramai oleh pembangunan perumahan dan perkantoran. Di sekitar kampung Langai juga sudah terdapat beberapa lembaga pendidikan. Di antaranya; SMP 3 Panarukan dan SMA 1 Panarukan, kampus Universitas Abdurachman Saleh (UNARS), serta sekolah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan pesantren.

Mengenai kehidupan warga di kampung Langai. Sebagian warganya berprofesi sebagai peladang yang menggarap tanah tegalan. Proses berladang hanya dilakukan saat musim hujan. Karena saat musim kemarau, sungai untuk irigasi tidak ada airnya.

Biasanya di kampung Langai saat musim hujan, terlihat hamparan perbukitan hijau. Berbeda saat musim kemarau, hamparan perbukitannya terlihat mencoklat. Tumbuh-tumbuhan, rumput, dan dedaunan meranggas. Namun, ada jenis tumbuhan, yaitu Langai dan Mimba, yang masih hijau daunnya saat musim kemarau.

###
 
Kami atas nama komunitas rumah baca “Damar Aksara” sebagai bagian dari kehidupan di kampung Langai. Mempunyai keinginan untuk mengenal lebih dalam tentang kondisi kehidupan warga, lingkungan, dan segenap potensi di kampung Langai. Harapan ke depan, kami ingin sekali ikut berkontribusi dalam menjaga ikatan silaturahmi, mengembangkan segenap potensi yang ada di sana, dan mempromosikannya ke khalayak luas.


Redaksi

Redaksi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.