Social Media Sharing by CB Bloggerz


a
a
a
a

Recent Posts
recent

Wisata Dam Sluice Situbondo

Oleh : Moh. Imron
Sore kelabu, 21 Desember 2015
Dam Situbondo.
Angin berbagi kesejukan ketika kami bertiga duduk di bawan pohon mimba menikmati keindahan Dam Situbondo. Kami mengobrol banyak, yang pasti kami sangat senang berada di sini. Ok, saya ceritakan sedkit tentang Dam Situbondo.
Dam Sluice merupakan bendungan sebagai pengatur atau pengendali air (sungai) yang juga dikenal dengan nama Labeng Lema’ (Pintu Lima). Dam ini terletak di Kelurahan Dawuhan, belakang KPU Situbondo.
Dam Sluice adalah salah satu warisan Kolonial Belanda yang dibangun pada tanggal 8 Agustus 1832. Prasasti dam ini sudah diamankan. Jadi, untuk melihatnya bisa mengunjungi Dinas Bina marga dan Pengairan Situbondo.
Wilayah Situbondo merupakan salah satu tempat penghasil produk-produk penting dari hasil pertanian dan perkebunan, tidak heran jika Belanda membangun sistem irigasi ini sebagai alat untuk menunjang penghasilan produk-produk tanaman kala itu. Bahkan sampai sekarang dam merupakan sarana  yang sangat penting bagi kelangsungan hidup manusia terutama dalam bidang pertanian (pengairan).
Dam ini pernah diterjang banjir pada tahun 2002 dan 2008, penyabab utama banjir adalah hujan yang terus-menerus di Situbondo dan Bondowoso juga kurangnnya pohon-pohon di sepanjang aliran sungai. Kemudian pada tahun 2013, dam dikembangkan menjadi obyek wisata oleh pemerintah Kabupaten Situbondo dalam program “Kali Bersih”.
Dam Situbondo mempunyai kenangan tersendiri. Sejak dulu, dam ini dijadikan tempat bermain bagi anak-anak dan warga setempat seperti; mandi, mencuci, berselancar bahkan sampai sekarang tetap ada.
Di sebelah barat dam terdapat taman. Sangat asik untuk dijadikan tempat ngobrol bersama sahabat, keluarga dan pacar jika punya. Kita dapat melihat gunung putri tidur, bukit-bukit yang hijau jika musim hujan dan aliran sungai yang tenang serta anak-anak sekitar sana yang sedang asik bermain seperti; sepak bola, bolatik dan layangan kala sore.
Di sebelah timur dam juga terdapat taman yang dilengkapi dengan permainan anak-anak. Selain anak-anak sekitar juga tak jarang beberapa TK membawa siswa-siswinya untuk bermain ke tempat ini.
Wisata dam sangat diminati pemuda-pemudi sebagai tempat nongkrong terutama pada malam hari apalagi juga ada lesehan yang hanya buka pada waktu malam, tentu membuat betah untuk berlama-lama di tempat ini.
Sampai di sini dulu ceritanya. Sore telah pergi, malam sudah siap-siap menyapa sambil lalu menata awan dan bintang, kami bertiga beranjak pulang. Tiba-tiba saya melihat kursi beton di tengah taman, seperti ada bayangan. Akhirnya, saya pulang sambil teringat mantan.


Dokumentasi Dam Sluice Situbondo









Redaksi

Redaksi

1 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.