Social Media Sharing by CB Bloggerz


a
a
a
a

Recent Posts
recent

Jelajahi Dunia dengan Membaca

Dimuat di Harian Surya Edisi 29 April 2016
Reportase : Gusti Trisno
Pegiat Komunitas Penulis Muda Situbondo/Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Jember

MEMBACA sebagai suatu keterampilan berbahasa menjadi perhatian penting bagi pemuda Situbondo yang tergabung dalam Komunitas Penulis Muda Situbondo (KPMS).
Komunitas yang telah meluncurkan buku antologi dan tunggal itu menunjukkan kepedulian dengan menggelar lesehan baca setiap sabtu malam di alun-alun Situbondo.
Seperti Sabtu (16/4/2016) usai salat Maghrib, komunitas yang digawangi Moh Imron, Yudik Wergianto, Ahmad Zaidi, Ahmad Sufiatur R itu terlihat menata buku di atas tikar plastik di gapura alun-alun.

“Awalnya hanya bermodal sembilan buku. Sekarang sudah cukup banyak buku koleksi komunitas,” kisah Moh Imron.

Buku-buku koleksi komunitas lesehan baca ini selain koleksi pribadi, juga berasal dari sumbangan pengunjung, donatur, dan hibah dari penerbit. Tak sekadar menyumbang buku, ada donatur yang berkenan menyumbang rak buku karena prihatin bila buku hanya digelar begitu saja di tikar.

Untunglah lesehan baca yang digelar KPMS ini mendapat animo tinggi dari masyarakat, salah satunya Bu Ely yang datang bersama anaknya. “Awalnya, saya mengira buku-buku di sini dijual. Ternyata dipinjamkan untuk dibaca di tempat,” ungkap guru IPA di SMP Mishabul Ulum Situbondo.

Perempuan yang telah lama bergelut di dunia pendidikan itu juga menceritakan bahwa di sekolah tempatnya mengajar ada kegiatan membaca buku sebelum penyampaian materi yang dilakukan guru. Dari kegiatan tersebut, guru bisa menanyakan kepada siswa isi materi buku yang telah dibaca.

Jadi, guru bisa menilai siswa mana yang membaca atau tidak. Sekalipun kegiatan tersebut terkesan  memaksa namun memiliki banyak manfaat. Apalagi, jika menilik remaja saat ini yang lebih akrab dengan gadget ketimbang buku.
Semoga bahan pustaka lesehan baca KPMS semakin banyak dan memberi manfaat pada sesama. Yuk, baca buku dan menjadi generasi yang haus ilmu.


Redaksi

Redaksi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.